ELANG GUMILANG

ELANG GUMILANG

Ini adalah kisah inspirasi dari Elang Gumilang, seorang pengusaha muda kelahiran Bogor tahun 1985 di bidang properti yang sudah memimpin empat perusahaan pengembang rumah. Omzet perusahaanya kini mencapai Rp 211 miliar. Elang, demikian dia disapa, adalah CEO dari Elang Grup. Sebuah induk perusahaan dari tiga anak perusahaan yakni PT Elang Semestaguna, PT Bild Consulting,dan PT Bumi Karsa Semesta. Yang telah berdiri pada 2006, Elang Group telah mendirikan ribuan rumah di kawasan Bogor dan Sukabumi. Perusahaannya bergerak dari pertambangan, properti, pelatihan bisnis, hingga periklanan. “Saya berangkat dari bisnis properti,” kata Elang.

Hebatnya lagi, semua perusahaan bernaung di bawah “Elang Grup” dengan keistimewaan membangun rumah untuk kalangan menengah ke bawah. “Para konsumen kami biasanya office boy, pegawai negeri sipil baru, buruh pabrik, serta anak-anak muda yang baru lulus kuliah,” kata Elang.

 “Prinsip saya, sebagai hamba Allah, hidup kita ini harus memberi manfaat kepada orang lain,” kata Elang. Elang Gumilang memulai karir bisnisnya sejak duduk di bangku SMA, diawali dari sebuah usaha jasa perdagangan produk makanan hingga komoditas hasil olahan pertanian. Dia hanya seorang anak muda di SMU 1 Bogor. Dari keluarga biasa-biasa dan tidak terpandang. Namun bakat wirausahanya telah muncul. Pulang sekolah, Elang langsung mengganti pakaian sekolah. “Saya langsung jualan keliling donat,” kata Elang. Dan tak hanya itu, Elang mencoba mencari peruntungan dengan menjadi penjual minyak goreng keliling, bahkan tukang sepatu. Semuanya dilakukan ketika masih di bangku kelas 3 SMU. Tekadnya agar kelak ketika memasuki perguruan tinggi dia bisa membiayai sendiri uang kuliahnya.

Bisnis properti untuk rakyat kecil mengantar Elang meraih aneka penghargaan, antara lain Juara I Wirausaha Muda Mandiri (2007), Indonesia Top Young entrepreneur 2008 dari Warta Ekonomi, Man of the Year 2008 versi Group Jawa Pos, Pemuda Pilihan 2008 Versi TV One dan Juara Lelaki Sejati Pengobar Inpirasi 2009 versi Bentoel.