KARAKTER WIRUSAHAWAN SUKSES

Seorang wirausahawan adalah seorang yang mampu menatap masa dengan penuh rasa optimis. Untuk melihat ke depan dengan berfikir dan berusaha, wirausahawan dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif, berani mengambil resiko, percaya diri, bersemangat dalam menghadapi suatu tantangan dan rintangan. Dalam menjalankan usahanya wirausaha selalu menggunakan tuntunan logika rasional, profesional tapi fleksibel.

karakteristik wirausahawan sukses, www.kampus-pengusaha.com

Pemilihan pasar yang tepat untuk menjaring konsumen menjadi penting bagi wirausahawan dalam mengembangkan usaha dan menjaga kontinuitas perusahaannya.

Berikut ini adalah karakteristik seorang wirausahawan sukses :

1. Punya rasa percaya diri dan kemandirian yang tinggi.
2. Mencintai kegiatan usahanya dan perusahaannya secara lugas dan tangguh.
3. Mau dan mampu mencari dan menangkap peluang.
4. Mau dan mampu bekerja keras dan menekuni bidang usahanya tanpa kenal menyerah.
5. Mau dan mampu berkomunikasi baik dengan pihak internal maupun eksternal
6. Mau dan mampu bernegosiasi dengan win-win solution.
7. Menghadapi hidup dan menangani usaha dengan terencana, jujur, hemat, dan disiplin.
8. Mau dan mampu meningkatkan kapasitas diri sendiri dan kapasitas perusahaan dengan mengelola dan memotivasi orang lain (leadership/managerialship).
9. Mau dan mampu melakukan perluasan dan pengembangan usaha dengan resiko yang moderat.
10. Berusaha mengenal dan mengendalikan lingkungan serta menggalang kemitraan.
karakteristik wirausahawan sukses, www.kampus-pengusaha.com

Sifat wirausaha yang lainnya adalah :

  1. Sifat Instrumental. Wirausaha dalam berbagai situasi selalu memanfaatkan segala sesuatu yang ada di lingkungan untuk mencapai tujuan pribadi dalam berusaha.
  2. Sifat Prestatif . Wirausaha dalam berbagai situasi selalu tampil lebih baik, lebih efektif dibandingkan dengan hasil yang dicapai sebelumnya.
  3. Sifat Keluwesan Bergaul . Wirausaha selalu berusaha untuk cepat menyesuaikan diri dalam berbagai situasi dalam hubungan antar manusia.
  4. Sifat Kerja Keras . Wirausaha selalu terlibat dalam situasi kerja, dan tidak mudah menyerah sebelum pekerjaan selesai.
  5. Sifat Keyakinan Diri . Wirausaha selalu percaya pada kemampuan diri, tidak ragu ragu dalam bertindak, dan selalu melibatkan diri secara langsung dalam berbagai situasi.
  6. Sifat Pengambil Resiko. Wirausaha selalu memperhitungkan keberhasilan dan kegagalan dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan berusaha.
  7. Sifat Swa-Kendali . Wirausaha dalam menghadapi berbagai situasi selalu mengacu pada kekuatan dan kelemahan pribadi, batas-batas kemampuan dalam berwirausaha. Sehingga dengan pengendalian diri, mereka dapat menentukan kapan harus meminta bantuan dari orang lain dan kapan mereka harus mengubah strategi dalam bekerja bila menghadapi hambatan.
  8. Sifat Inovatif. Wirausaha selalu mendekati berbagai masalah dalam berusaha dengan cara-cara baru yang lebih bermanfaat.
  9. Sifat Kemandirian. Wirausaha tidak menggantungkan diri pada orang lain, dia selalu mengembalikan perbuatannya sebagai tanggung jawab pribadi.

3 thoughts on “KARAKTER WIRUSAHAWAN SUKSES

  1. ゆっくりと、万物の店の商売は立ち上がって、最高の時、単一の顧客を買っていきました彼はカウンターの上に2/3のアクセサリー中古ブランドショップが「お金」景relationresult「 信用はこの業界の最も重要な。

  2. Hello, i believe that i saw you went to the website so i found give back your select? . I am just looking to find issues to enhance this site! Maybe it has the alright to make use of a just a handful of a person’s aspects!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>