MARKETING PLAN

Marketing_PlanMcDonald (1993) memberikan definisi atau pengertian perencanaan marketing (Marketing Planning) dengan mengatakan sebagai berikut : “Marketing planning is a logical sequence and a series of activities leading to the setting of marketing objectives and the formulation of plans for achieving them”. Atau dalam terjemahan bahasa Indonesia dikatakan bahwa perencanaan pemasaran adalah suatu urutan logis dan suatu rangkaian aktivitas yang mengarah pada penyusunan tujuan-tujuan pemasaran dan bentuk-bentuk perencanaan untuk mencapai tujuan tersebut).

Dari definisi-definisi di atas, seorang marketer (pemasar) perlu melakukan sejumlah aktivitas untuk mencapai sasaran perusahaan. Aktivitas-aktivitas tersebut berupa analisa-analisa pasar. Langkah pertama dalam mengembangkan suatu marketing strategy adalah analisa segmen-segmen pasar. Kemudian, sebelum proses penyusunan strategi analisa segmen-segmen pasar adalah langkah pertama dalam mengembangkan suatu marketing strategy yang merupakan bagian dari segmentasi pasar. Langkah kedua dalam proses penyusunan strategi adalah pemilihan marketing strategy, target pasar, “marketing mix elements”, dan “positioning approach”. Kedua langkah di atas merupakan unsur terpenting dalam marketing control karena proses tersebut merupakan acuan bagi marketer untuk menyusun marketing strategy . Dalam landasan teori ini, marketing strategy tidak diuraikan secara terperinci.

Apa saja yang termasuk dalam rencana pemasaran?

1)     Executive summary/ringkasan pelaksanaan. Bagian ini menekankan tujuan-tujuan utama dan rekomendasi-rekomendasi rencana pemasaran. Lalu, rencana ini juga harus menjelaskan tentang dana yang diperlukan dan bagaimana kesuksesan bisnis akan diukur.

2)     Analisa tentang keadaan terkini. Bagian ini mengandung kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan persaingan bisnis.

3)     Penaksiran terfokus pada kesempatan bisnis. Yang termasuk di dalamnya adalah macam-macam golongan bisnis. Di sini, harus dicantumkan juga, apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan tantangan-tantangan bisnis yang perlu dihadapi.

4)     Tujuan keuangan dan pemasaran. Yang tercantum di bagian tujuan keuangan adalah pengharapan kenaikan keuntungan anda. Juga, cantumkan pengharapan laba pada akhir masa perencanaan. Yang termasuk di dalam tujuan pemasaran adalah jumlah unit penjualan atau saham pasar yang akan anda dapatkan.

5)     Ringkasan strategi pemasaran. Bagian ini mengandung target pasar anda. Jelaskan bagaimana produk anda akan diposisikan, didistribusikan, dan diberi harga. Juga jelaskan bagaimana anda bisa mencapai tujuan marketing anda. Misalnya, dengan mengorganisasi bagian penjualan, menggunakan potongan harga, mengadakan iklan kampanye nasional, dan sebagainya.

6)     Anggaran pemasaran bulanan. Yang termasuk di sini, bagaimana anda membiayai rencana pemasaran anda tiap bulan. Beraga harga pemasaran? Berapa pemasukan yang dihasilkan dari rencana pemasaran? Atau berapa banyak barang yang bisa anda jual?