MENGUBAH HOBI MENJADI PELUANG BISNIS

Seseorang yang mempunyai hobi dan menjadikannya sebuah bisnis yang dapat memberikan penghasilan tambahan adalah salah satu ide bisnis yang paling menyenangkan. Anda juga pasti tertarik jika hobi Anda hanya untuk bersenang-senang tiba-tiba berubah jadi penghasilan tambahan.

pengusaha sukses, www.kampus-pengusaha.com, 081803838630
Ketika anda punya bisnis sendiri, pasti tidak akan lepas dari masalah dalam bisnis anda,baik itu ingin mempunyai penghasilan tambahan.
Tapi masalah sekarang berbeda,mengubah sesuatu yang anda sukai seperti, menulis, memancing, fotografi menjadi kegiatan usaha yang bisa membuat tambahan penghasilan bagi anda butuk kerja keras.
Oleh karena itu,sebelum berkeinginan mencari tambahan penghasilan dari hobi anda, yang pertama pelajarilah untung ruginya mengubah hobi menjadi tambahan penghasilan.Berikut perbandinganya :

Keuntungan:

  1. Karena melakukan yang anda sukai, anda perlu lebih termotivasi.Kenapa?? anda akan ada pada tempat dan suasana yang selalu anda sukai
  2. Jelas anda akan melakukan usaha dari sesuatu yang anda ketahui, karena itu adalah hobi anda
  3.  Anda mempunyai semua link, kontak dan semua yang berhubungan dengan jenis usaha tersebut.Hal itu bisa terjadi karena usaha tersebut adalah hobi anda

Kelemahan:

  1. Anda mengubah hobi menjadi pekerjaan karena anda ingin mendapatkan tambahan penghasilan
  2. Kehilangan kegiatan yang membuat anda santai.Melakukan hobi berbeda dengan mengerjakan bisnis.
  3. Mungkin hobi tersebut tidak bisa dijadikan bisnis yang relitas bagi anda
  4. Karena hobi,keahlian yang anda miliki bisa jadi belum memadai untuk bekerja sebagai seorang profesional
  5. Yang paling susah adalah saat anda mengubah hobi menjadi kegiatan mencari penghasilan tambahan.Semua keputusan harus berpatokan pada kepuasan konsumen, bukan diri Anda

Oleh karena itu, sebelum anda mencari penghasilan tambahan dari hobi anda, pastikan anda menimbangnya baik-baik rencana tersebut. Jika anda bisa mengatasi kesulitan dan memaksimalkan potensi bisnis dari hobi Anda, maka Insya Allah Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Anda akan merasakan kesenangan karena Anda mendapatkan penghasilan tambahan dari sesuatu yang Anda senangi.

hobi yang menghasilkan uang, www.kampus-pengusaha.com, 081803838630

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengubah hobi Anda menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan.

Pertama, cari tahu apa hobi Anda. Sampai hari ini, tak sedikit orang yang masih kebingungan ketika mendapat pertanyaan mengenai apa hobi yang mereka miliki. Karenanya, penting bagi Anda untuk memilah mana hobi yang benar-benar ingin Anda tekuni dengan hobi yang Anda jalankan sekedar iseng atau hanya untuk mengikuti trend sesaat saja.

Kedua, pilih hobi yang menjual dan disukai banyak orang. Semakin banyak orang yang menyukai hobi tersebut, maka semakin besar pula peluang pasar yang bisa Anda bidik untuk mendatangkan tambahan penghasilan. Contohnya saja seperti hobi memancing, melihat penggemarnya semakin membludak, sekarang ini banyak pehobi mancing yang mulai merintis toko peralatan dan aksesoris memancing baik secara online maupun offline, selain itu ada juga yang membuka bisnis pemancingan untuk menyalurkan hobinya sambil meraup keuntungan dari bisnis sampingan yang dijalankan.

Ketiga, kenali pasar Anda. Dengan bekal hobi yang Anda geluti, tentunya membuat Anda paham betul mengenai apa yang disukai dan tidak disukai calon konsumen. Ikuti terus perkembangan hobi yang Anda geluti, dan pahami pula beberapa trend yang sedang digandrungi para pehobi. Misalnya saja Anda memiliki hobi fotografi, maka Anda harus mengenali model-model kamera yang sedang laris di pasaran, desain fotografi yang banyak diminta para konsumen, serta aksesoris apa saja yang dibutuhkan para pehobi fotografi untuk menyalurkan kegemaran mereka. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kebutuhan pasar dan mendapatkan untung besar dari bisnis sampingan yang Anda jalankan.

Keempat, jaring komunitas untuk memperlancar jalannya usaha. Ketika menekuni bisnis sampingan dari hobi, ada baiknya bila Anda menggandeng komunitas hobi yang Anda ikuti untuk memperlancar kesuksesan usaha. Hal ini penting, sebab selain untuk memperluas peluang pasar yang ada, Anda juga bisa sharing atau berbagi informasi baru seputar hobi yang Anda geluti. Ketahuilah, kedekatan yang Anda bangun saat ini, akan menjadi modal utama Anda untuk bisa sukses merintis bisnis sampingan dari hobi yang Anda tekuni.

Kelima, jeli dalam melihat persaingan. Meskipun Anda memiliki kedekatan antar sesama pehobi, namun jangan lengah dengan persaingan yang ada di sekitar Anda. Berbekal hobi yang sama, tidak menutup peluang bila di kemudian hari muncul para pesaing atau kompetitor dari orang-orang terdekatAnda. Oleh karena itu, tawarkan nilai lebih agar bisnis Anda memiliki daya saing yang cukup tinggi.

Bagaimana? Apa Anda sudah menemukan hobi Anda? Jika sudah, kembangkan terus hobi Anda agar menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Namun jika belum, jangan pernah putus asa. Terus berusahalah dan mencari tahu bakat dan hobi apa yang Anda miliki.

Sumber:

– arie5758.blogspot.com/

– http://bisnisukm.com

3 thoughts on “MENGUBAH HOBI MENJADI PELUANG BISNIS

  1. Awesome issues here. I am very satisfied to peer your post. Thanks a lot and I’m having a look forward to touch you. Will you kindly drop me a e-mail?

  2. vanya says:

    Bener-bener deh! bagus juga Artikelnya..Dari kemarin emang saya lagi cari ide tentang peluang usaha yang mungkin bisa saya lakukan..Dan artikel anda kasi tambahan semangat buat saya..Nanti jangan sungkan mampir juga website aku.Siapa tau web anda saya tuliskan review juga nanti :).. makasih ya!!

  3. sinyo says:

    Saya. Hoby sama burung yang satu ini mudah2 an hoby saya ini nanti bisa berkembang menjadi bisnis/wirausaha saya yg menjanjikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>