STRATEGI BISNIS

ggggg

Strategi merupakan tindakan yang terus meningkat dan terus-menerus dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan dimasa yang akan datang. Dengan demikian perencanaan strategis hampir selalu dimulai dari “apa yang dapat terjadi” bukan dimulai dari “ apa yang terjadi”. Terjadinya kecepatan inovasi pasar baru dan perubahan pola konsumen memerlukan kompensasi inti. Perusahaan perlu mencari kompensasi inti didalam bisnis yang dilakukan.

Definisi pertama yang dikeluarkan oleh Chandler (1962:13) menyebutkan bahwa “Strategi adalah tujuan jangka panjang dari suatu perusahaan, serta pendayagunaan dan alokasi sumber daya yang penting untuk mencapai tujuan tersebut”. Pemahaman yang baik mengenai konsep strategi dan konsep-konsep lain yang berkaitan, sangat menentukan suksesnya strategi yang disusun.Konsep-konsep tersebut adalah sebagai berikut :

1.Distinctive Competence : tindakan yang dilakukan oleh perusahaan agar dapat melakukan kegiatan lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya

2.Competitive Advantege : kegiatan spesifik yang dikembangkan oleh perusahaan agar lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya.

TIPE-TIPE STRATEGI

Pada prisnispnya strategi dapat dikelompokan menjadi tiga tipe strategi yaitu:

1.Strategi Manajemen

Strategi manajemen meliputi strategi yang dapat dilakuakan oleh manajemen dengan orientasi pengembangan strategi secara makro misalnya, strategi pemgembangan produk, strategi penerapan harga, strategi akuisisi, strategi pengembangan pasar, strategi keuangan, dan sebagainya.

2.Strategi Investasi

Strategi ini merupakan kegiatan yang berorientasi pada investasi. Misalnya, apakah perusahaan ingin melakukan strategi pertumbuhan yang agresif atau berusaha mengadakan penetrasi pasar,strategi bertahan, serta pembangunan kembali suatu divisi baru atau strategi divestasi, dan sebagainya.

3.Strategi Bisnis

Strategi bisnis ini sering juga disebut strategi bisnis secara fungsional karena strategi ini berorientasi pada fungsi-fungsi kegiatan manajemen, misalnya strategi pemasaran,strategi produksi, strategi distribusi, strategi organisasi, strategi-strategi yang berhubungan dengan keuangan.

Strategi-strategi ini sangat berpengaruh pada kelangsungan perusahaan, Hal ini diakibatkan karena akan terjadi persaingan yang ketat untuk memenangkan persaingan pasar. Oleh karena itu banyak perusahaan yang menggunakan berbagai cara untuk memberikan hal yang berbeda kepada konsumen agar persaingan diantara perusahaan dapat dihindarkan. Salah satu diantara konsep analisis yang digunkan untuk memenangkan persaingan adalah dengan menggunakan analisis SWOT. Dalam Pengelolaan dan pengembangan suatu aktifitas memerlukan suatu perencanaan strategis, yaitu suatu pola atau struktur sasaran yang saling mendukung dan melengkapi menuju ke arah tujuan yang menyeluruh. Sebagai persiapan perencanaan, agar dapat memilih dan menetapkan strategi dan sasaran sehingga tersusun program-program dan proyek-proyek yang efektif dan efisien maka diperlukan suatu analisis yang tajam dari para penggiat organisasi.

3 thoughts on “STRATEGI BISNIS

  1. *Why don we show the price?

  2. Toms Outlet says:

    All of your recipes look yummy! $100 gift card would be a very nice prize!

  3. Heya we are the first time listed here. I came across this board we think it is seriously practical & this helped me to available considerably. I am hoping to deliver a little something yet again and also assist others that you made it simpler for my family.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>