TIPS MEMULAI WIRAUSAHA BAGI MAHASISWA

Mindset Wirausaha, www.kampus-pengusaha.com, 081334664876
Beberapa dari kita (mungkin kebanyakan), khususnya mahasiswa, berangan – angan setelah lulus kuliah nanti ingin bekerja di perusahaan yang besar, yang banyak dikenal orang, dan pastinya, gajinya lumayan. Tidak ada yang salah dengan semua itu. Tapi andai kita berfikir dua kali, saat kita bekerja, gaji yang akan kita dapatkan tiap bulannya sama. Sedangkan pengeluaran kita setiap bulannya selalu bertambah. Belum lagi saat kondisi badan kita kurang fit sehingga tidak bisa masuk kerja. Tentu ada pertimbangan lagi mengenai itu, entah gaji kita berkurang, atau tanggal gajian yang mundur.
Mahasiswa zaman modern seperti saat ini sangat penting untuk mencoba Usaha Sampingan. Disamping sibuk dengan aktifitas kuliah tidak ada salahnya untuk mencoba usaha sampingan. Usaha sampingan ini bisa banyak sekali ragamnya, kita bisa leluasa untuk memilih salah satu yang menurut kita usaha sampingan tersebut sangat mungkin untuk  kita lakukan.

Dengan melakukan usaha sampingan mahasiswa bisa belajar sambil bekerja. Dapat ilmu yang sangat bermanfaat sekaligus dapat uang yang bisa anda banggakan. Anda pun (kaum mahasiswa) bisa berbangga hati saat ada teman anda memanggil anda dengan sebutan wirausahawan muda. Dengan melakukan bisnis maka mahasiswa akan terbiasa dengan dunia usaha. Dan itu akan bagus untuk menjalani hidup setelah lulus kuliah nanti.

Ternyata omongan mengenai cara berbisnis di usia muda ataupun pada masa masih menjadi mahasiswa tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Saat memulai usaha kegagalan merupakan teman setia yang menemai sebagian besar kawan muda mahasiswa yang sedang berusaha memulai bisnis saat masih menjadi mahasiswa.

welcome

Nah untuk bisa membangun mental bisnis, terlebih dahulu teman harus banyak belajar cara mengolah mindset teman akan pentingnya usaha pada waktu masih mahasiswa. Kenapa ini penting seperti yang saya jelaskan di artikel saya tentang mindset usaha sampingan bagi mahasiswa , mindset sebagai daya motivasi dan daya dorong utama untuk membangun konsistensi dan komitmen teman mahasiswa.

Setelah teman mahasiswa sudah menata mindset berwirausaha maka pertanyaan selanjutnya adalah bisnis apa yang cocok untuk dilakukan mahasiswa ?

Berwirausaha atau usaha sampingan yang bisa kita kerjakan ada banyak sekali pilihan dan pastinya akan  berbeda-beda tergantung situasi, kondisi, dan kemampuan mahasiswa itu sendiri. Yang jelas ada beberapa kriteria bisnis yang dapat dijalankan dengan mudah dengan meminimalisir resiko kerugian bahkan kebangkrutan usaha. Kriteria tersebut diantaranya:

1. Temukan ide kreatif yang unik dan memiliki nilai jual

Kita sebagai generasi muda dituntut untuk lebih menonjolkan kreatifitas. Karena mahasiswa adalah melek teknologi dan informasi di tambah mahasiswa adalah kaum terdidik maka mahasiswa seharusnya mau dan mampu untuk berusaha keras mencari ide kreatif , inovasi dan daya unik untuk bertarung dalam dunia usaha.
Contoh kesuksesan anak muda yang memulai usaha yang hanya bermodalkan ide kreatif sangat banyak. Nah sekarang bagaimana kita menciptakan ide brilliant dan mengasah pikiran otak kita untuk menciptakan suatu ide cemerlang. Menurut saya pribadi, ide kreatif ini memiliki peran yang sangat penting dalam satu usaha bisnis.

2. Sesuaikan dengan background pendidikan

Bukan rahasia lagi jika banyak pengusaha yang sukses didasari karena background pendidikan yang diampunya. Kita tengok pengusaha muda pemilik facebook si Mark Zuckenberg. Dia adalah pengusaha muda yang bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dengan suatu ide yang kreatif dan memiliki nilai jual. Nah darisana tampaknya pantas jika seseorang yang sukses dalam usaha lebih didasarkan pada background pendidikan yang diterima. Seorang pengusaha restoran pasti lebih mempunyai daya saing jika membuka bisnis pada bidang makanan.
Nah untuk anda yang mempunyai niatan membuka usaha, jadikan pendidikan yang anda terima menjadi modal penting anda dan jadikan nilai tambah untuk bersaing pada dunia usaha.

3. Mulailah kerjasama dari relasi terdekat atau pertemanan
Seorang usaha muda seringkali lebih mudah memulai usaha dengan bantuan dari orang yang dikenal. Sahabat merupakan orang yang tepat jika kita ingin memulai satu kerjasama usaha, karena teman seringkali mempunyai persamaan dalam latarbelakang, usia, ilmu dan minat yang membuat kita merasa nyaman dalam bekerjasama. Bekerjasamalah dengan teman anda untuk memulai merumuskan apa yang akan anda kerjakan untuk menghasilkan usaha kecil yang menguntungkan.

4. Masuki pasar baru
Ada banyak sekali segment pasar yang bisa anda masuki. Namun sebagian besar diantaranya sudah ada pelaku yang terjun lebih dahulu ketimbang anda. Tetapi dari semua pasar itu pasti masih ada peluang dimana anda (mahasiswa) bisa sedikit mengambil keuntungan dengan main di segment pasar tersebut. Carilah, segment pasar yang menurut anda, anda bisa masuki. Mahasiswa harus bisa jeli memanfaatkan potensi yang masih kosong.

5. Tetap semangat
Tetaplah mempunyai mimpi yang harus anda kejar. Karena dengan mempunyai mimpi anda bisa bekerja dengan tetap semangat. Tidak ada salahnya saat anda memulai belajar lalu anda jatuh dan gagal, tetaplah semangat. Pengusaha besar pasti memulai usaha dengan sangar keras, tidak ada yang mudah di dunia ini. Semua butuh usaha keras dan resiko kegagalan yang harus dihadapi. Jika anda mahasiswa mau menghadapi kegagalan maka anda selangkah untuk sukses menjadi wirausahawan mahasiswa muda.

Lalu apa yang harus mahasiswa lakukan setelah mau memulai ber-usaha sampingan ?

1. Ubah MindsetSaat mahasiswa sudah memikirkan bahwa dirinya mau melakukan usaha sampingan, hal yang urgent menurut saya adalah merubah pola piker atau mindset. Mindset merupakan pola pikir yang menjadi drive dan motivasi untuk kita para mahasiswa dalam terus berkomitmen dan konsisten dengan usaha sampingan yang sudah kita niatkan dari awal. Kita semua tahu kalau bagi mahasiswa usaha sampingan adalah hal yang sulit, nah dengan merubah mindset semua itu akan menjadi dasar yang sangat penting. Mahasiswa mempunyai keterbatasan dalam waktu, tenaga dan modal. Namun, dengan mudah bisa dipatahkan dengan pola pikir yang ditanamkan jika dengan waktu, tenaga dan modal yang terbatas, MAHASISWA MAMPU UNTUK BER-USAHA SAMPINGAN. Kita pada mahasiswa harus mampu meyakini bahwa itu bisa terwujud menjadi sesuatu yang sudah kita rencanakan.Nah sebagai penambah semangat dalam merubah mindset kita, bahwa Mahasiswa mempunyai 2 hal yang sangat berpengaruh dalam memulai usaha sampingan yang banyak para pekerja cenderung tidak banyak yang memilikinya, yaitu Ide kreatif dan Jaringan.

Ide kreatif yang banyak di miliki oleh mahasiswa karena mahasiswa terbuka akan informasi, mahasiswa lebih melek dengan dunia teknologi dan komunikasi. Pasalnya mahasiswa lebih punya waktu ketimbang para pekerja yang waktunya sudah habis dengan dunia kerja. Mahasiswa sangat berpotensi untuk menelorkan ide-ide kreatif yang kebanyakan orang tidak memikirkan sebelumnya.

Jaringan yang banyak dan berkualitas bisa dengan mudah didapatkan saat kita menjadi mahasiswa. Dengan background mahasiswa, mahasiswa memiliki banyak kesempatan mengenal orang lain bahkan diantara orang tersebut adalah orang-orang penting yang tidak bisa kita kenal jika kita sudah lulus dari mahasiswa nanti. Sebagai mahasiswa kita bisa memanfaatkan organisasi yang ada di kampus. Mahasiswa bisa mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). UKM bisa menghantarkan kita untuk mengenal orang-orang penting yang sudah sukses sebelumnya. Orang yang bisa kita mintai bantuan saat kita sudah berkomitmen dalam ber-usaha sampingan.

3 thoughts on “TIPS MEMULAI WIRAUSAHA BAGI MAHASISWA

  1. Hallo, wah baru tau nih info yang kayak beginian… Makasih buat penulis atas artikel yang sangat bermanfaat ini…. Oh ya, kalau butuh info tentang Peluang bisnis dan usaha yang pas untuk ibu rumah tangga, silahkan mampir ke web/blog saya ya.. :) — > http://usahalah.com <– Tapi jangan lupa menyertakan link sumbernya ya :)….. Sekali lagi terima kasih :)

  2. Saya menawarkän berbagai aneka macam cemilan: .
    Kacang Bawang
    Marning
    Kedele
    MacarOni pedas .
    Kripset
    MakaronI spiral
    Kacang koro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>