5 Tips Sukses Menjadi Karyawan Magang di Perusahaan

Magang adalah sebuah proses praktek kerja yang dilakukan oleh siswa dan juga mahasiswa tingkat akhir. Magang ini biasanya mengaplikasikan langsung semua teori yang ada di bangku sekolah atau kuliah.

Proses magang sejatinya adalah sebuah proses untuk belajar memahami sesuatu tentang apa yang ingin Anda geluti. Dan untuk mencapai kesuksesan agar diterima menjadi pegawai tetap, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Apa sajakah tipsnya? Ini dia ulasannya!

1. Bersikap dengan Baik

Sebagai karyawan magang, bersikap dengan baik sangat diharuskan dan harus diterapkan dalam kehidupan Anda sehari-hari. Karena dengan menujukkan sikap yang baik membuktikan bahwa Anda siap untuk menjalani segala pekerjaan yang telah ditetapkan.

Begitu sikap baik ditujukkan oleh Anda maka pihak perusahaan pun akan menilai dan bisa sjaa mempengaruhi karir Anda di perusahaan tersebut.Karena sejatinya, yang dinilai utama dari seorang HRD Perusahaan adalah sikap dan kedisplinan yang dimiliki oleh karyawan.Oleh karena itu, jika Anda ingin masuk dalam daftar karyawan tetap diperusahaan tersebut milikilah sikap yang baik dan juga positif.

2. Jangan Berhenti untuk Belajar

Semakin banyak sesuatu yang Anda pelajari maka bukan tak mungkin bila Anda bisa memiliki keahlian di bidang tersebut. Dengan begitu, pihak perusahaan pun akan menilai bahwa Anda adalah karyawan magang yang patut untuk dipertahankan di perusahaan tersebut.

Untuk memulai di perusahaan tersebut bisa dengan cara menyerap segala informasi dan ilmu yang berkenaan dengan perusahaan atau bidang yang Anda geluti. Bertanya atau mencari tahu informasi lewat buku-buku ataupun internet akan menjadi nilai plus untuk Anda.

3. Jaga Kualitas terhadap Pekerjaan yang Anda Kerjakan

Pada prinsipnya untuk menjaga kualitas pekerjaan ini bisa dimulai dari waktu pengerjaan yang dilakukan. Jangan terburu-buru untuk menyelesaikan pekerjaan karena ingin mendapatkan pujian atau nilai yang tinggi dimata atasan Anda, tetapi periksalah kembali kualitas dari pekerjaan yang Anda kerjakan.

Dengan kualitas pekerjaan yang baik, maka apa yang Anda inginkan pun dengan sendirinya akan menghampiri dan bisa untuk Anda dapatkan.

4. Belajar untuk Mengambil Insiatif

Dengan mengambil inisiatif tersebut, pihak perusahaan akan memandang Anda sebagai orang yang layak untuk diberikan sebuah tanggung jawab lebih.Dan ketika hal tersebut sudah Anda miliki, jangan merasa terbebani justru itulah kesempatn emas Anda untuk bisa masuk ke jajaran karyawan tetap di perusahaan tersebut.

Sikap insiatif berikutnya adalah bisa dengan memberikan ide atau masukkan jika Anda diikut sertakan dalam rapat dan diberikan kesempatan untuk menyampaikan sebuah gagasan yang ingin Anda lakukan.Jika saran ataupun ide Anda disambut baik oleh pihak perusahaan, bersiaplah untuk menerima tanggung jawab pekerjaan yang lebih besar dari apa yang Anda kerjakan saat itu.

5. Aktif Turut Serta dalam Sebuah Kegiatan perusahaan

Kegiatan tersebut biasanya dari mulai acara training, seminar, ulang tahun perusahaan, meeting dan lain sebagainya. Biasanya untuk acara-acara tersebut yang diikut sertakan untuk menjadi penyelenggara adalah para karyawan magang.

Dan itulah kesempatan emas Anda untuk bisa memberikan yang terbaik serta mengaplikasikan kemampuan yang Anda miliki.Kuncinya adalah jangan pernah emnolak selama itu baik dan bermnafaat untuk Anda. Jadilah, karyawan magang yang selalu berkata “Ya, saya bisa menyelesaikannya” atau “Saya sanggup mengerjakannya”.

Dengan sikap tersebut, maka pihak perusahaan pun terutama pihak manajemen akan mengapresiasi serta bisa mempertimbangkan Anda untuk bergabung menjadi karyawan tetap di perusahaan tempat Anda magang.

Penutup

Bagaimana siap untuk melaksanakan ke 5 poin di atas untuk bisa menjadi karyawan tetap? Tentunya, jangan pernah remehkan setiap jabatan yang Anda tempati. Bisa jadi jabtaan sekecil apapun bisa mengantarkan Anda menuju kesuksesan yang sesungguhnya.