5 Tips Sukses Menjadi Karyawan Magang Di Perusahaan

Magang adalah sebuah proses praktek kerja yang dilakukan oleh siswa dan juga mahasiswa tingkat akhir. Magang ini biasanya mengaplikasikan langsung semua teori yang ada di bangku sekolah atau kuliah.

Proses magang sejatinya adalah sebuah proses untuk belajar memahami sesuatu tentang apa yang ingin Anda geluti. Dan untuk mencapai kesuksesan agar diterima menjadi pegawai tetap, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Apa sajakah tipsnya? Ini dia ulasannya!

1. Bersikap Disiplin

Sekalipun Anda adalah karyawan magang yang diberikan kelonggaran peraturan, tetap saja untuk displin perlu untuk dilakukan.Untuk menunjukkan sikap displin tersebut bisa dimulai dari datang tepat waktu. Lebih bagus datang 20-30 menit sebelum jam kerja dimulai.Selain dari soal jam kedatangan, sikap displin pun bisa Anda terapkan untuk hal pekerjaan. Bila ada pekerjaan yang harus Anda selesaikan, maka kerjakan sesuai dengan deadline yang ditetapkan.Akan lebih bagus pula bila mengerjakannya sebelum waktu deadline karena akan menjadi nilai plus tersendiri untuk Anda.

Berikutnya adalah soal gadet yang Anda miliki sebaiknya jangan dimainkan saat jam kerja karena ada beberapa atasan yang tidak menyukai karyawannya untuk bermain gadget di saat jam kerja.Terlebih bila Anda bekerja di perusahaan jasa ataupun layanan hal tersebut sangat tidak dianjurkan untuk dilakukanJika bermain gadget pun tidak diperkenankan, maka jangan coba-coba untuk bermain media sosial saat sedang jam bekerja kecuali itu menjadi bagian dari job deskripsi Anda.

2. Mengenal Lebih Dekat Profil Perusahaan

Mengenal profil perusahaan bisa dimulai dari sejarah perusahaan itu berdiri termasuk para pendiri dan juga para pemimpinya dari masa ke masa.Selain itu juga Anda bisa mengenali tentang seluk beluk ruang kerja dari perusahaan tersebut. akan lebih bagus pula bila Anda pun mengenal karyawan-karyawan yang ada di perusahaan tersebut.

Hal ini perlu diketahui agar sewaktu-waktu ada yang bertanya baik dari internal maupun eksternal perusahaan, Anda sudah siap menjawab dengan “bahan-bahan” yang telah Anda kuasai. Dengan begitu Anda bisa dinyatakan sebagai karyawan magang yang telah “lulus” mengenali profil perusahaan.

Segala sesuatu tentang perusahaan biasanya bisa dlihat di website resmi perusahaan tersebut atau bisa pula bertanya kepada karyawan senior ataupun kepada mentor Anda.

3. Bersikap Profesional

Dengan menunjukkan diri bahwa Anda adalah karyawan profesional, maka pihak perusahaan pun akan menilai Anda sebagai seseorang yang memiliki potensi yang begitu besar untuk dijadikan karyawan tetap.Sikap profesional pun bisa dilakukan dari hal yang terkecil yaitu berpakaian yang rapi dan sesuai dengan aturan yang diterapkan oleh perusahaan.Pada umumnya, di setiap perusahaan akan menganjurkan karyawannya untuk memakai kemeja dengan celana berbahan katun. Maka, aturan tersebut harus Anda ikuti. Tetapi jika Anda bekerja di lapangan maka baju seragam yang dikenakan pun akan menyesuaikan.

Sikap profesional bisa diterapkan mengenai patuhnya Anda terhadap waktu bekerja  yang diterapkan di perusahaan tersebut.Jangan sampai Anda datang ke kantor sesuka hati dengan hari kerja yang tidak menentu. Karena hal tersebut bisa berakibat menurunnya reputasi Anda sebagai karyawan magang.

4. Rajin untuk Bertanya Terhadap Suatu Pekerjaan yang Tidak Dimengerti

Sering atau rajinya bertanya terhadap sesuatu yang tidak mengerti adalah suatu jalan untuk bisa paham mengerjakan sesuatu yang akan Anda kerjakan.Maka dengan rajinnya Anda bertanya akan membuka peluang semakin besarnya Anda menguasai ilmu tersebut. Selain itu, Anda kan mudah untuk dikenali oleh mentor ataupun oleh atasan Anda.

Jangan lupa, ketika Anda bertanya dan mendapatkan jawabannya catat segera mungkin agar pertanyaan tersebut tidak kembali terucap. Karena akan menimbulkan kesan yang berbeda dan berpengaruh terhadap pribadi Anda sendiri.Tentu hal tersebut akan berdampak pada reputasi magang Anda di perusahaan tersebut. Jadi, bertanyalah bila memang Anda tak mengerti dan belum paham.

5. Membangun Jaringan dengan Sesama Karyawan Magang dan Karyawan Tetap

Networking atau jaringan adalah salah satu “kekuatan” untuk memperlancar silahturahim. Karenanya tak ada salahnya untuk Anda karyawan magang membangun jaringan di tempat Anda bekerja atau di tempat lain.