5 tips Sukses Berbisnis Melalui Instagram

1. Nama dan Akun Anda Memiliki Pengaruh Besar

Buatlah nama yang unik dan menjadi ciri khas dari toko (Instagram) anda sendiri. Jika anda memiliki toko yang bersifat offline maka gunakan saja nama toko anda tersebut agar followers anda percaya bahwa anda seorang pebisnis dan benar – benar memiliki toko.

Selain nama tambahkan pula dengan keterangan lengakap dan detail mengenai toko anda, produk anda, lokasi anda, nomor telepona anda, dan lain sebagainya.

  • Nama Toko dan Username: Jangan membuat nama dan username yang sudah di ingat, buatkan username yang singkat, unik, dan mudah di ingat. Hal ini bertujuan agar followers anda nantinya mudah dalam mencari toko anda.
  • Keterangan: Setiap akun pasti memiliki keterangan berupa produk yang di jual. Seperti misalnya anda menjual pakaian, maka keterangannya adalah menjual produk berupa pakaian (Kaos, aksesoris, sepatu, Kemeja, dan lain – lain).
  • Lokasi Anda: Tulis lokasi tempat anda berjualan, jika anda bisnis melalui rumah anda maka anda tulis dengan alamat rumah anda, dan jika anda berjualan melalui toko offline anda maka tulis alamat toko offline anda.
  • Kontak Nomor dan PIN BBM : Tambahkan dengan nomor telepon anda agar mudah untuk menghubungi anda. Jika anda punya sosial messenger lain, tambahkan pula dengan PIN BBM, Line, dan Whatsapp.

Anda harus terbuka dalam artian anda tidak boleh menyembunyikan identitas asli anda. Anda harus publikasikan siapa nama anda, tempat tinggal dimana, jualan apa saja, dan informasi pribadi anda yang sifatnya boleh untuk di publikasikan.

2. Koneksikan Akun Instagram Anda Dengan Sosial Media Lain

Perlu anda ketahui bahwa instagram dapat di hubungkan dengan sosial media lain, hal ini tentunya memudahkan anda dalam mencari followers, promosi produk, serta meningkatkan penjualan produk. Facebook, Twitter, Tumblr, dan Flickr adalah sosial media yang dapat anda koneksikan dengan akun instagram anda.

Setiap kali anda memposting sesuatu di instagram, bagikan juga ke sosial media lain. Hal ini bertujuan agar orang mengetahui bahwa anda sedang aktif menggunakan instagram. Ini bisa menjadi pancingan para pengguna sosial media lain untuk melihat – lihat isi dari profil instagram anda.

Para pengguna facebook biasanya juga aktif menggunakan instagram, anda bisa mencari teman anda di facebook apakah mereka menggunakan instagram atau tidak. Jika mereka juga menggunakan instagram maka follow mereka maka saya yakin mereka akan follow anda balik.

3. Tampilkan Produk Anda Dengan Desain Yang Kreatif

Awal dari sebuah produk yakni di lihat dari mata. Untuk itulah anda harus bisa menampilkan produk yang mengesankan walaupun produk tersebut sebenarnya sederhana. Ciptakan ide kreatif yang membuat orang mau melihat profil anda terus menerus.

Salah satu hal utama yang harus anda kuasai adalah Desain Grafis.Berbeda dengan jualan yang bersifat offline yang hanya tinggal di pajang, sedangkan jualan di instagram harus punya kreatifitas tingkat tinggi agar produk bisa laku. Manfaatkan kamera android sebagai solusi untuk menampikan produk di sosial media (Instagram).

Tak cukup jika hanya seperti itu saja, edit menggunakan Photoshop agar hasil lebih maksimal.

Kenapa Harus Photoshop? Jika anda hanya memanfaatkan software edit foto android maka saya rasa hasilnya akan kurang menarik dan kreatifitas anda pasti terbatas. INGAT! Anda itu jualan bukan hanya sekedar pajang foto.

4. Ciptakan Rasa Humor Dalam Produk

Setiap kali anda upload foto ataupun video pastikan anda menyelipkan sedikit humor agar orang lain mau tersenyum dan ketawa – tawa. Ini bertujuan agar mereka senang dengan apa yang anda bagikan, tidak hanya bisnis online tetapi juga memberikan rasa Fun kepada mereka.

Jika anda merasa sulit membuat Video karena terlalu ribet maka ciptakan rasa humor tersebut melalui foto yang anda bagikan. Selipkan dengan kata – kata lucu agar mereka bisa tersenyum dan tidak bosan dengan apa yang anda posting. Quotes sederhana dari saya,

ANDA PUNYA PRODUK, ANDA BISA JUALAN.

5. Update Foto Dan Video Secara Teratur

Setiap kali anda berbagi foto di instagram jangan melakukannya secara bersamaan. Contohnya anda berbagi foto kemudian dua menit selanjutnya anda berbagi foto lagi maka hal tersebut bisa di katakan tidak teratur dan terlihat kurang baik.

Posting yang baik adalah posting yang terjadwal, misalnya anda memposting foto di pagi hari, kemudian di lanjutkan posting di siang dan malam hari. Nah, cara seperti ini akan menampikan produk – produk anda secara teratur.

Yang perlu anda perhatikan juga, Jangan terlalu berlebihan saat memposting foto dalam satu hari. Maksimal anda bisa posting foto 10 per-hari.