PENTINGNYA PENDAMPINGAN BAGI UKM

PENTINGNYA PENDAMPINGAN BAGI UKM

Point penting dalam mengembangkan bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah masalah pendampingan, sebagaimana diakui para pengusaha. Apa itu pendampingan? Pendampingan merupakan  suatu cara atau langkah yang digunakan untuk menciptakan tata kelola yang professional dengan didampingi atau dibantu oleh tenaga yang professional. Tujuan dari dilakukannya pendampingan adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi mengenai manajemen bisnis yang sedang dijalankan.

Untuk bisa bertahan dan berkembang ditengah kondisi perekonomian seperti saat ini, terutama saat Pandemi para pengusaha harus mencari strategi-strategi sendiri. Pendampingan di UKM, tidak hanya sebatas masalah konsultasi saja. Namun semua infrastruktur yang membangun dalam bisnis tersebut juga turut didampingi atau diperbaiki. Baik itu dibagian produksi, operasional, keuangan maupun bidang-bidang lainnya.

Di dalam proses tersebut, banyak tahapan-tahapan pembenaran system yang akan dilakukan oleh seorang pendamping atau yang biasa kami sebut sebagai Coach. Baik itu pembuatan jobdesc dan SOP semua divisi, penilaian KPI terhadap karyawan yang ada supaya makin transparan bahwa karyawan yang berada pada perusahaan tersebut sudah menjalankan jobdesc-nya dengan baik, dan banyak yang lainnya.

bisnis ukm adalah,bisnis ukm 2020,bisnis ukm kreatif,bisnis ukm indonesia,aplikasi bisnis ukm,analisa bisnis ukm,contoh bisnis ukm yang sukses,cara bisnis ukm,ide bisnis ukm,ide bisnis ukm kreatif,bisnis ukm paling menjanjikan,bisnis ukm sukses,strategi bisnis ukm,tips bisnis ukm,bisnis plan untuk ukm
www.kampus-pengusaha.com / 082 231 080 521

Sepenting apa sih pendampingan bisnis menurut Anda? Pendampingan bisnis dianggap begitu penting supaya dapat meminimalisir kebangkrutan karena mereka akan memberikan masukan dan saran kepada Anda supaya bisa menjadi pertimbangan yang baik dalam mengambil keputusan dalam mengambil setiap langkah dalam bisnis. Berikut ini beberapa pola pendampingan bisnis:

Pra Pendampingan

  1. Pahami terlebih dahulu kriteria tenaga professional yang dibutuhkan oleh bisnis Anda yang sejalan dengan menajemen perusahaan.
  2. Setelah menentukan kriteria yang sesuai, langkah selanjutnya adalah menyeleksi calon pendampingan dengan melibatkan beberapa pihak yang berkepentingan.
  3. Bagi calon pendamping yang dipilih karena sesuai kriteria sebagai pendamping, maka memiliki tanggung jawab yang tinggi untuk menjadikan dirinya sebagai fasilitator yang melakukan adukasi, mediasi dan advokasi kepada pengusaha tersebut.

Pelaksanaan Pendampingan

  1. Lembaga yang menawarkan pendampingan bisnis atau biasa disebut dengan bisnis coaching perlu memperhatikan beberapa point, misalnya materi, alat bantu, media, metode dan assessment. Juga perlu mempersiapkan lokasi, objek, waktu serta biayanya.
  2. Saat melakukan pengorganisasian lembaga tersebut akan menurunkan mentor atau pelatih yang handal untuk para pendamping, dan akan mengajarkan materi yang diperlukan.
  3. Selanjutnya pendampingan bisa dilaksanakan sesuai dengan lokasi usaha dan dilaksanakan sesuai dengan kerangka pendampingan.
  4. Setelah melakukan proses pendampingan perlu diadakan evaluasi pendampingan sebagai bahan evaluasi terkait kinerja pendampingan yang telah dilakukan.
  5. Setelah di evaluasi, hasilnya akan dijadikan sebagai laporan pendampingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *